Random

Jumat, 12 Oktober 2012

Alat Musik Gitar dan Hobi

Gitar adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari maupun menggunakan alat yang bernama "pick". Gitar terbuat dari bahan jenis kayu dengan senar yang dipasang secara lurus dari leher gitar atau disebut "Headstock" (penahan senar bagian atas) sampai penahan senar bagian bawah atau sering disebut dengan "Bridge".


Salah satu jenis gitar yang biasanya digunakan untuk seorang pemula adalah gitar klasik. Gitar ini menghasilkan suara melalui lubang, pada gambar diatas bernama "Sound hole". Berbeda dengan gitar listrik yang menghasilkan suara bila dihubungkan dengan sebuah "Sound System", karena pada gitar listrik terdapat sebuah alat yang bernama "Pickups", yaitu alat yang berfungsi sebagai pendeteksi getaran senar dan mengubahnya dari energi mekanis menjadi energi listrik yang dikonversi oleh amplifier menjadi nada. Untuk menghubungkan antara gitar listrik dengan "Sound System" menggunakan kabel jack yang dihubungkan melalui "Output jack" pada gitar ke "Input jack" pada "Sound System", untuk lebih jelasnya lihat gambar bagian-bagian gitar listrik dibawah ini.

Alat ini juga sering Saya pakai untuk belajar gitar, karena merupakan sebuah hobi yang Saya minati akhir-akhir ini. Selain teknik belajarnya pun mudah, gitar pun mudah didapat dengan harga yang tidak terlalu mahal tergantung dari jenis gitar itu sendiri. Sekarang banyak media pembelajaran untuk berbagai macam alat musik, Saya pun belajar secara otodidak melalui buku teknik belajar gitar. Dengan mempelajari kunci-kunci dasarnya terus menerus pasti akan terbiasa dan hafal posisi-posisi jari yang akan menghasilkan sebuah nada.

Sekitar kelas dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) Saya mulai belajar gitar, tidak butuh waktu lama untuk belajar gitar tergantung Kita mempelajarinya. Selama kurang lebih 2 minggu Saya sudah hafal posisi-posisi jarinya, dan sampai sekarang mungkin sudah tingkat menengah untuk seorang gitaris.  Pepatah mengatakan "Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit", sedikit demi sedikit menghafal kunci gitar lama-lama semakin mahir bermain gitar.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Comment, Kritik & Saran untuk membangun

News Studentsite

Gunadarma BAAK News

Ada kesalahan di dalam gadget ini
0 "SELAMAT DATANG DI RIZkY BLOG'Z" 1 2 3 4