Random

Kamis, 25 Oktober 2012

Program Garis (Horizontal, Vertikal dan Diagonal) OpenGL


Sebelum membuat project OpenGL di Dev C++ ini kita harus menginstal paket-paket untuk OpenGL, langkahnya :

  •  Buka program Dev c++, kemudian pilih menu tool > package manager
  • Klik instal, lalu pilih paket yang sudah didownload sebelumnya.
  • Selesai, lalu buat projectnya.



Cara membuat project OpenGL :



  • File > new > project
  • Klik multimedia > pilih OpenGL > piilih C++ project dan beri nama project

   

  • Maka akan muncul coding default, dibawah ini adalah gambar dimana nanti kita akan memasukkan coding garisnya, tepatnya dibawah tulisan /* OpenGL animation code goes here */







  • Pertama kita akan masukkan coding garis vertikal 

            glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
            glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
            glPushMatrix ();          
            glClearColor(1,1,1,0);  
            glColor3f(1,1,1); //      
            glBegin(GL_LINES);            
            glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
            glVertex3f(0,0,0.0);              
            glEnd ();          
            glPopMatrix ();
            SwapBuffers (hDC);
            Sleep (1);
              }
           }

           hasilnya :


Logika Program :

  • glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); [untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
  • glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
  • glPushMatrix ();             [membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
  • glClearColor(1,1,1,0);     [untuk menentukan warna garis/titik]
  • glColor3f(1,1,1); //         [untuk menentukan warna garis/titik]
  • glBegin(GL_LINES);                [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
  • glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
  • glVertex3f(0,0,0.0);                 [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
  • glEnd ();             [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
  • glPopMatrix (); [membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
  • SwapBuffers (hDC); [digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]


Selanjutnya garis horizontal :

          glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
          glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
          glPushMatrix();
          glClearColor(1,1,1,0);
          glColor3f(1,1,1);
          glBegin(GL_LINES);
          glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
          glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
          glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);    
          glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);  
          glEnd();
          glPopMatrix();
          SwapBuffers (hDC);
          Sleep (1);
           }
          }
     
       hasilnya :


Kemudian garis diagonal :
 
         glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
         glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
         glPushMatrix ();        
         glClearColor(1,1,1,0);
         glColor3f(1,1,1);
         glBegin(GL_LINES);
         glVertex3f(0,0,-0.8);    
         glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
         glEnd ();          
         glPopMatrix ();
         SwapBuffers (hDC);
         Sleep (1);
            }
         }
         hasilnya :




Nama           : Rizky Abu Rizal
NPM            : 16110157
Kelas            : 3ka25 


0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Comment, Kritik & Saran untuk membangun

News Studentsite

Gunadarma BAAK News

Ada kesalahan di dalam gadget ini
0 "SELAMAT DATANG DI RIZkY BLOG'Z" 1 2 3 4