Sebelum membuat project OpenGL di Dev C++ ini kita harus menginstal paket-paket untuk OpenGL, langkahnya :
- Buka program Dev c++, kemudian pilih menu tool > package manager
- Klik instal, lalu pilih paket yang sudah didownload sebelumnya.
- Selesai, lalu buat projectnya.
Cara membuat project OpenGL :
- File > new > project
- Klik multimedia > pilih OpenGL > piilih C++ project dan beri nama project
- Maka akan muncul coding default, dibawah ini adalah gambar dimana nanti kita akan memasukkan coding garisnya, tepatnya dibawah tulisan /* OpenGL animation code goes here */
- Pertama kita akan masukkan coding garis vertikal
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glVertex3f(0,0,0.0);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}
hasilnya :
Logika Program :
- glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); [untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
- glPushMatrix (); [membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
- glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
- glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik]
- glBegin(GL_LINES); [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
- glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
- glVertex3f(0,0,0.0); [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
- glEnd (); [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
- glPopMatrix (); [membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
- SwapBuffers (hDC); [digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Selanjutnya garis horizontal :
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin(GL_LINES);
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
glEnd();
glPopMatrix();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}
hasilnya :
Kemudian garis diagonal :
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);hasilnya :
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}
Nama : Rizky Abu Rizal
NPM : 16110157
Kelas : 3ka25
0 komentar:
Posting Komentar
Jangan Lupa Comment, Kritik & Saran untuk membangun