Random

Selasa, 11 Desember 2012

Jalan Tol

          Pengertian umum jalan tol adalah jalan raya bebas hambatan yang hanya boleh digunakan oleh kendaraan empat dua atau lebih, maksud bebas hambatan disini yaitu tidak macet, tidak adanya pemungutan uang secara liar yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab terhadap kendaraan umum, mobil box dan truck, kemudian tidak adanya pejalan kaki yang lalu lalang melintas di sepanjang jalan.  Jalan bebas hambatan tersebut dibuat agar perjalanan antar kota maupun provinsi dapat ditempuh dengan waktu yang lebih cepat dibanding melalui jalan raya perkotaan maupun pedesaan, tentunya dengan membayar tarif yang sesuai jarak tempuh antar gerbang tol yang pertama masuk sampai gerbang tol pada saat keluar.

           Di beberapa daerah, jalan tol merupakan sebagai penghubung antar provinsi. Jadi jalan tersebut hanya ada satu dan terpanjang di daerah tersebut yang digunakan oleh para pengguna jalan tol untuk melakukan perjalanan antar provinsi, contohnya jalan tol Jakarta-Cikampek yang menghubungkan antara Jakarta dan daerah sekitarnya dengan Provinsi yang ada di pulau Jawa, misalnya jika dari Jakarta akan menuju ke Yogyakarta, maka akan melewati jalan tol Jakarta-Cikampek untuk mempersingkat waktu dan jarak tempuh. Kemudian Jembatan Suramadu yang merupakan satu-satunya jalan tol yang di lewati oleh kendaraan bermotor roda dua atau lebih, namun ada pemisah antara jalan tol kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat atau lebih. Selain itu, Jembatan Suramadu ini sebagai penghubung antara Surabaya dengan Madura.
Gb. Jembatan Suramadu
               Pengertian pada paragraf pertama tidak sebanding dengan keadaan jalan tol akhir-akhir ini, jalan tol tidak pantas lagi disebut sebagai jalan bebas hambatan. Keadaan yang dimaksud adalah sering terjadinya macet di beberapa titik kilometer jalan, ini sangat mengecewakan pengguna jalan tol. Melakukan perjalan melalui jalan tol tidak menjamin akan kenyaman dan kelancaran berkendara, hal ini terjadi disebabkan oleh meningkatnya jumlah volume kendaraan yang memasuki jalan tol, khususnya kendaraan pribadi. Menurut pengalaman penulis untuk waktu tempuh perjalanan dari Cikampek ke Bekasi adalah 1 jam, namun akhir-akhir ini sering terjadi macet mengakibatkan waktu tempuh lebih lama. Apalagi pada saat terjadi aksi buruh yang melakukan aksi demo memblokir jalan tol, hampir setiap hari terjadi kemacetan yang parah. Mungkin saatnya pemerintah membenahi sistem jalan tol ini, agar sesuai dengan fungsinya dan para pengguna pun merasa nyaman. Sekian pembahasan tentang jalan tol tadi, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Comment, Kritik & Saran untuk membangun

News Studentsite

Gunadarma BAAK News

Ada kesalahan di dalam gadget ini
0 "SELAMAT DATANG DI RIZkY BLOG'Z" 1 2 3 4